Ketumbar Atasi Sumbatan Pembuluh Darah Jantung

  • Bagikan
Teh ketumbar berkhasiat mengatasi sumbatan pembuluh darah jantung. Foto diperagakan model (Muizzu Khaidir/Fajar)

Jangan rebus terlalu lama, cukup 15 menit, saring biji ketumbar, dan minum secara teratur setiap hari dan disarankan tiap malam sebelum tidur.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Klinik Assyifah, dr Fadillah M SpJP, berkata bahwa ketumbar adalah tumbuhan rempah yang sangat populer, aroma khas ketumbar disebabkan oleh komponen utamanya yakni minyak atsiri.

Menurut penelitian ketumbar bermanfaat untuk sumbatan pembuluh darah jantung atau arteri pulmonalis dan juga dapat menurunkan kolestrol.

"Penyakit arteri koroner disease (CAD) adalah jenis penyakit jantung umum atau jantung koroner. Terjadi ketika arteri yang mensuplay mengeras dan menyempit. Penyumbatan ini menyebabkan angina, aretmia dan gagal jantung.

Bagi jantung, ketumbar dapat mengatasi penyumbatan pembuluh darah jantung. Buktinya fituchemical (senyawa kimia) dalam ketumbar dapat melindungi jantung dari kerusakan oksidatif. Bahwa ketumbar dapat menurunkan faktor resiko penyakit jantung," ujar dr Dilla.

Lebih lanjut bahwa cairan rendaman ketumbar dapat menghancurkan sumbatan atau plat dan melancarkan pembuluh darah di jantung. (fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan