Masa Jabatan Panglima TNI Berakhir Desember 2022, Jenderal Andika Perkasa Bocorkan Ini

  • Bagikan
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Miftahul Hayat/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Masa jabatan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tidak lama lagi berakhir, tepatnya pada Desember 2022 mendatang.

Lantas seperti apa proses pergantian panglima yang menjadi hak prerogatif Presiden Joko Widodo. Andika Perkasa pun membocorkan kebiasaan Jokowi dalam menentukan sosok calon Panglima TNI.

Biasanya, Presiden kata Andika Perkasa, penentuan sosok dilakukan secara mendadak dan tanpa pembahasan sejak jauh-jauh hari.

“Sejauh pengalaman saya, Presiden itu nggak pernah jauh-jauh hari ngomong, nggak pernah. Beliau pasti mendadak,” kata Andika di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/10).

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini tidak ingin berspekulasi mengenai calon panglima TNI yang akan menggantikan dirinya pada Desember 2022. Sebab, dirinya akan purna tugas sebagai Panglima TNI pada akhir tahun 2022.

Dia pun mengaku belum memiliki persiapan khusus menjelang pensiun. “Nggak ada,” singkat Andika.

Terkait isu perpanjangan masa jabatannya sebagai Panglima TNI hingga 2024, Angika pun enggan berkomentar. Menurutnya, itu bukan kewenangan dirinya.

“Waduh saya enggak tahu. Itu bukan kewenangan saya,” tegas Andika.

Meski demikian, sebagai prajurit, Andika akan melaksanakan dengan baik apa pun perintah Presiden Jokowi. “Ya apa pun perintahnya, saya laksanakan,” tegas lulusan Akademi Militer tahun 1987 itu.

Sebagaimana diketahui, Jenderal Andika Perkasa dilantik Presiden Jokowi menjadi Panglima TNI pada 17 November 2021. Andika saat itu menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan