Pertanyakan Alasan Surya Paloh Deklarasikan Anies Lebih Awal, Guru Besar Unair: Kenapa Langkah Kontroversi Itu Dilakukan?

  • Bagikan
Guru besar Universitas Airlangga, Profesor Henri Subiakto

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Guru besar Universitas Airlangga (Unair) Profesor Henri Subiakto turut mengomentari NasDem yang baru saja mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

Menurutnya, manuver politik partai selalu terkait dengan kepentingan mereka.

Dia kemudian mempertanyakan kepentingan NasDem yang terbilang buru-buru menggelar deklarasi.

Diketahui, deklarasi NasDem awalnya dijadwalkan pada 10 November mendatang bertepatan dengan hari pahlawan. Namun kenyataannya diumumkan lebih cepat dari jadwal tersebut.

Selain NasDem, tiga partai lainnya yang telah melakukan deklarasi capres yakni Gerindra yang deklarasikan Prabowo Subianto, PSI deklarasikan Ganjar Pranowo dan Yenny Wahid serta PKB deklarasikan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Langkah NasDem sendiri disebut terkesan buru-buru dan berani.

“Manuver politik partai itu selalu terkait dengan kepentingan mereka. Kepentingan apa yang sebabkan Nasdem buru-buru deklarasikan Anies sebagai Capres?,” ucapnya dalam akun sosial medianya, Rabu, (5/10/2022).

Mantan Staf Ahli Kemenkominfo ini mengatakan, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang paling mengetahui alasan dibalik keputusan NasDem.

“Surya Paloh yang paling tahu alasannya. Yang jelas dia itu cerdas, taktis & nasionalis. Tapi kenapa langkah kontroversi itu dilakukan? Kita saksikan nanti,” ujarnya.

Menurutnya, politik itu langkah-langkah serius dan dihitung dengan cermat oleh para pelakunya.

“Tapi omongan politisi itu sulit ditebak, seakan main-main, dan bisa banyak makna. Tiap orang bisa memaknai secara berbeda🤭,” tandasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan