Presidensi G20 di Bali November, Begini Dukungan Amerika Serikat untuk Indonesia

  • Bagikan
Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo menyampaikan dukungan penuh pemerintah AS terhadap kesuksesan presidensi Indonesia di G20. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, NEW YORK -- Dukungan untuk Indonesia dalam presidensi G20 di Bali pada November nanti kembali ditegaskan Amerika Serikat. Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo menyampaikan hal itu.

Ia menyampaikannya dalam Resepsi Diplomatik merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77 beberapa waktu lalu oleh KBRI Washington DC. Mewakili Pemerintah AS, Menteri Perdagangan, Gina Raimondo hadir sebagai Tamu Kehormatan.

Gina Raimondo dalam sambutannya menyampaikan dukungan penuh pemerintah AS terhadap kesuksesan presidensi Indonesia di G20. AS berkomitmen untuk terus memperkuat hubungan kerjasama dan kolaborasi dengan Indonesia.

“Indonesia merupakan mitra AS yang sangat penting di kawasan. Saya sepakat bahwa melalui kerja sama yang baik antara AS dan Indonesia, kita pasti dapat meraih pencapaian yang luar biasa bagi kedua negara,” kata Menteri Raimondo yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur wanita pertama di negara bagian Rhode Island (2015-2021).

Ia menambahkan, Kementerian Perdagangan AS dalam waktu dekat akan mengadakan tiga misi besar ke Indonesia. Misi tersebut uaitu Advanced Manufacturing Business Development Mission (Oktober 2022), Aerospace and Defense Trade Mission (November 2022), dan Trade Winds (Maret 2023).

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan P. Roeslani menggarisbawahi kedekatan sejarah serta hubungan Indonesia dan AS yang sama-sama menganut prinsip demokrasi dalam bernegara. Menurutnya semangat proklamasi kemerdekaan Indonesia hidup dalam konstitusi 1945, dan E. Pluribus Unum milik Amerika Serikat, ‘out of many, one’ identik dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan