Profil Guam, Negara di Samudra Pasifik yang Pendapatan Utamanya dari Pariwisata

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID— Nama negara Guam mungkin masih terdengar asing. Namun, setelah kalah bertanding dengan Tim Nasional sepak bola Indonesia dengan skor 14-0 dalam ajang Kualifikasi Piala Asia U17 banyak yang mulai mencari keberadaan negara ini.

Guam merupakan atau Guahan dalam Bahasa Chammoro adalah sebuah pulau yang letaknya berada di bagian Barat Samudera Pasifik. Luasnya 549 km persegi.

Guam juga merupakan sebuah wilayah tak berhubungan yang terorganisir (Organized Unincorporated Territory) Amerika Serikat.

Meski berada di wilayah teritorial Amerika Serikat, namun Guam bukan termasuk ke dalam 50 negara bagian Amerika Serikat.

Hagatna adalah ibu kota dari Guam, Sebelumnya beribu kota Agana. Negara ini terletak di antara Benua Australia dan Benua Oseania.

Berada di sebelah timur negara Filipina, sebelah Utara papua Nugini dan berada di Selatan negara Jepang. Penghasilan negara ini berasal dari sektor pariwisatanya.

Deretan pariwisata indah dapat ditemui di negara ini. Misalnya saja sepanjang Teluk Tumon yang menyajikan panorama pantai sekaligus menjadi pusat pariwisata negara ini.

Ada semboyan yang menjadi julukan dari negara Guam ini yaitu "tempat di mana Amerika dimulai". Hal ini karena letaknya yang sangat dekat dengan Garis tanggal Intenasional.

Turis yang paling banyak mengunjungi negara ini berasal dari Jepang yang berbaur bersama pangkalan Tentara Amerika Serikat. Guam juga dikenal sebagai negara dengan populasi ular terbanyak di dunia.

Hal ini akibat efek dari Perang Dunia II yang membawa spesies ular pohon cokelat atau Boiga Irregularis masuk ke kapal angkutan tentara AS.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan