Usai Ditelepon Jokowi, Presiden FIFA Janji Bantu Indonesia Soal Tragedi Kanjuruhan

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di RSSA Malang. (Rafika Yahya/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Jokowi usai tragedi Kanjuruhan melakukan serangkaian upaya. Teranyar, presiden dua periode itu mengaku telah berbicara langsung dengan Presiden FIFA.

"Hari Senin malam saya telah menelepon dan berbicara langsung dengan Presiden FIFA Gianni Infantino," ucap Jokowi usai Upacara HUT TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Pembicaraan antara Jokowi dan Gianni Infantio, kata Jokowi, banyak membahas soal tragedi yang menewaskan ratusan orang itu. Infantino pun berjanji untuk membantu sepakbola Indonesia.

Selain itu, di hari yang sama pada kesempatan berbeda. Jokowi mengaku telah mengintruksikan kepada Menteri Pekerjaan Umum (PU) untuk mengaudit seluruh stadion.

"Saya kira kita perlu evaluasi total semuanya, baik manajemen pertandingan, stadion, penonton, pengamanan semuanya. Agar peristiwa yang terjadi di Kanjuruhan tak terjadi lagi,” kata Jokowi saat berada di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA), Rabu (5/10/2022).

Bukan hanya itu, sebelumnya Jokowi juga telah menunjuk Menteri Koordinator Politik Hukum dan Kemanaan (Menko Polhukam) Mahfud MD untuk memimpin Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF).

Jokowi meminta agar tim tersebut bergerak cepat. Ia bahkan memberi target sebulan agar tragedi berdarah itu diselesaikan secepat mungkin.

(Arya/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan