Calonkan Anies Baswedan di Pilpres 2024, Massa Pemilih Anies Mulai Dukung Nasdem

  • Bagikan
Anies Baswedan Capres 2024 dari NasDem. Foto: Ricardo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Keputusan Partai NasDem mendukung Anies Baswedan sebagai kandidat presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berbuah manis.

Menurut Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Deni Irvani, hasil survei menunjukkan responden pendukung Gubernur DKI Jakarta kini berangsur mendukung Partai NasDem.

Dukungan mulai mengalir ketika Partai NasDem mengumumkan tiga nama kandidat yang berpotensi mereka didukung.

Ketiga nama tersebut masing-masing Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Jadi, pada survei yang kami lakukan Agustus lalu, Partai NasDem sudah mulai menarik (responden) massa pemilih Anies secara lebih kuat ketimbang massa pemilih dua kandidat presiden lain."

"Ini terjadi setelah pengumuman tiga tokoh oleh NasDem," kata Deni dalam rilis dan diskusi bertajuk Anies Baswedan dan Pemilih NasDem, dipantau dari kanal YouTube SMRC TV, Jakarta, Kamis (6/10).

Menurut Deni, hasil survei menunjukkan dukungan pada NasDem dari responden pemilih Anies mengalami peningkatan. Persentasenya pada Mei 2021 mencapai 3,8 persen. Jumlah tersebut naik menjadi 8,1 persen pada Agustus 2022.

Pada periode yang sama, kata Deni, dukungan kepada NasDem dari pemilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak mengalami banyak perubahan. Dari 2,7 persen pada Mei 2021 menjadi 3,7 persen pada Agustus 2022.

Deni juga menyebut dukungan dari responden massa pemilih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto cenderung mengalami penurunan. "Dukungan dari pemilih Prabowo menurun dari 4,1 persen (pada Mei 2021) menjadi 1,8 persen (pada Agustus 2022)," ucap Deni.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan