Jokowi Khawatir RI Tak Dipercaya Asing, Anak Buah AHY: Tergantung Pemimpinnya, Semakin Bohong Makin Sulit Dipercaya

  • Bagikan
Deputi Strategi dan Kebijakan Balitbang DPP Demokrat, Yan A Harahap [email protected]

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Deputi Strategi dan Kebijakan DPP Partai Demokrat Yan Harahap mengomentari kekhawatiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas ketidakpercayaan negara asing ke Indonesia.

Yan Harahap menyebut salah satu faktor utama kepercayaan negara lain ke Indonesia ada pada sikap pemimpinnya atau presiden.

"Suatu Negara dipercaya asing juga tergantung pada Pemimpinnya," tulis Yan dikutip Fajar.co.id di akun Twitter @Yan Harahap, Kamis (6/10/2022).

Anak buah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu menyinggung jika pemimpin sering berbohong maka tingkat kepercayaan negara lain akan makin berkurang.

"Semakin ‘banyak bohong’ pemimpinnya, semakin sulit Negara tsb dipercaya asing. Apalagi itu terkait investasi. Begitu menurut saya," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan tingginya ketidakpastian perekonomian global saat ini. Semua negara kini dalam posisi sulit seiring dengan ancaman resesi yang akan melanda dunia pada tahun depan.

Dalam posisi ini, kepercayaan investor asing terhadap perekonomian sebuah negara menjadi sangat penting. Dari hal tersebut investor masuk menempatkan modalnya, baik secara langsung maupun lewat portofolio.

"Tidak mudah mendapatkan kepercayaan dari sebuah investasi," kata Jokowi saat menghadiri seremoni dimulainya groundbreaking PT Wavin Manufacturing Indonesia di Kawasan Industri Terpadu Batang, Provinsi Jawa Tengah, Senin (3/10/2022).

"Begitu negara sudah dicap tidak baik untuk investasi, gak akan ada yg mau datang ke negara kita. dan kalau sudah tak ada yang mau datang, barang-barang harus diimpor dari luar," jelasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan