Kabar Terbaru Rekrutmen CASN 2022, Ini Jadwal, Syarat dan Link Resmi SSCASN

  • Bagikan
Ilustrasi Rekrutmen CASN 2022

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Pemerintah rencananya akan kembali membuka perekrutan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2022 pada bulan Oktober ini yang sebelumnya dijadwalkan pada September bulan lalu.

CASN terdiri dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau pegawai honorer dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Lalu apa perbedaannya? PNS memiliki status sebagai pegawai tetap. Sedangkan, untuk PPK bekerja dalam waktu yang telah ditentukan dalam perjanjian kerja.

Pemerintah Daerah tidak memberikan aturan jaminan terhadap ketentuan kontak apakah akan dilanjutkan atau tidak. Adapun masa kontraknya minimal satu tahun dan maksimal 5 tahun.

Rekrutmen CASN 2022 ini sebelumnya diungkapkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas dalam rapat percepatan penuntasan tenaga non-ASN pada bulan lalu.

Dia kemudian mengungkapkan data riil kebutuhan untuk pengadaan PPPK dalam rapat koordinasi sebelumnya.

Dalam Surat Menteri PANRB kepada Kemenkeu Nomor B/20/MSM.010.00/2022 pada awal Januari 2022, Pemerintah membutuhkan 1 juta PPPK.

Adapun rinciannya yaitu 45 ribu guru untuk Pemerintah Pusat, 20 ribu dosen, 3 ribu dokter serta 25 ribu jabatan teknis lainnya. Di sisi lain Soal CPNS, belum diungkap Kemenpan RB.

Disisi lain Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana mengumumkan bahwa hanya akan dibuka pengangkatan tenaga PPPK. Sedangkan, pembukaan penerimaan CPNS ditiadakan.

"Kita tahun ini hanya fokus mengangkat Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) karena menyangkut dengan tenaga honorer di daerah yang menjadi fokus dan harus selesai sebelum 23 November 2023,” kata Bima.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan