Ma’ruf Amin Beber Hasil Survei, Indonesia Peringkat Ketujuh Negara Paling Religius

  • Bagikan
Wapres Ma'ruf Amin saat peringatan Waisak 2566 BE.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei terhadap 146 negara di dunia pada 2012 untuk mengukur tingkat religiusitas penduduknya, menempatkan Indonesia beradap pada peringkat ketujuh dunia.

Peringkat survei negara paling religius di dunia itu, disampaikan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin.

“Peran tokoh agama, pimpinan ormas Islam, penyuluh agama, dai, dan daiyah sangat strategis dalam mengedukasi masyarakat, melalui pendekatan keagamaan mengenai dampak negatif stunting,” kata Wapres Ma’ruf Amin dalam Halaqoh Nasional yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (6/10).

Wapres Ma’ruf menyatakan peringkat tersebut didapatkan berdasarkan fakta bahwa Indonesia memiliki jumlah populasi yang besar dan seluruh penduduk telah menganut agama yang dijadikan kepercayaan masing-masing. Bahkan, 87 persen di antaranya telah memeluk agama Islam.

Namun, sebagai negara yang dianggap religius pula, Indonesia masih dihadapkan dengan masalah pembangunan kualitas penduduknya akibat stunting. Padahal dalam waktu dekat Indonesia akan menyambut puncak bonus demografi di mana penduduk produktif diprediksi akan mencapai dua kali lipat daripada penduduk usia anak dan lanjut usia.

Menanggapi hal tersebut, Ma’ruf menjelaskan bahwa dalam Al Quran disebutkan suatu peradaban akan sangat merugi jika meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka, yang tidak sejahtera.

“Stunting itu akan berdampak bukan hanya kesehatan tapi juga kepada ekonomi, pendidikannya tidak baik, itu stunting menjadi sumber malapetaka yang kalau kita tidak atasi,” kata Wapres.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan