Pengamat Sebut Pernyataan Akbar Tanjung Soal Anies jadi Indikasi Merapatnya Golkar dengan NasDem

  • Bagikan
Politikus Senior Golkar, Akbar Tanjung

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Ketua Dewan Kehormatan DPP Golkar Akbar Tanjung menyatakan kebanggaannya terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang diusung oleh Partai NasDem sebagi calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Politik UIN Alauddin Makassar Firdaus Muhammad menuturkan, Pernyataan Akbar Tanjung disertai alasan.

"Anies dalam pandangannya layak maju Capres. Sementara Golkar belum umumkan Capresnya. Bisa jadi isyarat Akbar dorong Golkar koalisi NasDem," ujarnya kepada fajar.co.id (6/10/2022).

Terkait peluang kemenangan Anies Baswedan pada pertarungan Pilpres jika NasDem dan Golkar berkoalisi, Firdaus mengatakan, hal itu akan sangat menjanjikan. Mengingat, koalisi NasDem akan bertambah.

"Masih perlu kepastian Golkar akan koalisi dengan partai apa serta siapa usungannya di Pilpres. Jika menyatu peluangnya menjanjikan apalagi koalisinya bertambah. Pertanyaannya, gimana respon Airlangga ihwal pernyataan Akbar," tuturnya.

Sebelumnya, Pakar Ilmu Politik Unhas Makassar Ali Armunanto mengakui Anies sebagai salah satu tokoh yang populer. Ada banyak pendukung fanatiknya.

Ali merasa dengan NasDem mengusung Anies tersebut, maka NasDem akan mendapatkan simpati daripada pendukung-pendukung Anies dan simpatisan Anies.

"Saya rasa nantinya itu akan bisa dimanfaatkan NasDem untuk dikonversi menjadi suara. Artinya, pendukung-pendukung itu dan simpatisan-simpatisan Anies yang cukup besar di Sulsel bisa digalang menjadi pemimpin-pemimpin NasDem," ujar Ali Armunanto kepada fajar.co.id (5/10/2022).

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan