Sentil Jokowi, Nicho Silalahi: Gas Air Mata Itu Loh Pak Jokowi Penyebab Ratusan Orang Tewas Dibantai

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di RSSA Malang. (Rafika Yahya/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Pegiat Media Sosial Nicho Silalahi juga turut menyorot pernyataan Presiden Jokowi terkait tragedi maut Stadion Kanjuruhan.

Pasalnya, menurut Presiden Jokowi penyebab banyaknya nyawa melayang pada tragedi itu karena persoalan tangga dan pintu.

"Oalah Kok Pintu Yang Terkunci Di Sorot Bapak Ini," ucap Nicho dikutip dari unggahan twitternya, @Nicho_Silalahi (6/10/2022).

Nicho menambahkan, penyebabnya bukan yang disampaikan Presiden Jokowi pada saat dia berbicara di depan awak media. Namun, gas air mata yang ditembakkan oleh oknum aparat yang tidak bertanggungjawab.

"Gas Air Mata Itu Loh Pak @jokowi Penyebab Ratusan Orang Tewas Di Bantai, Seharusnya Bapak Bentuk TIM Investigasi Independen dan Seret Semua Pelaku Pembantaian dan Yang Memberi Perintah Ke Pengadilan HAM," tandas pria yang terkenal dengan sikap kritisnya itu.

Sebelumnya, beredar video jumpa pers Jokowi terkait tragedi Kanjuruhan. "Itu nanti tim gabungan independen mencari fakta yang harus melihat secara detail," ucap Jokowi pada video itu.

"Tetapi, sebagai gambaran tadi saya melihat bahwa problemnya ada di pintu yang terkunci dan juga tangga yang terlalu tajam," sambungnya.

Presiden Jokowi kemudian menyinggung soal Stadion Utama Gelopra Bung Karno (GBK). Menurutnya, dengan penonton 80 ribu orang, dibuka 15 menit semuanya sudah bisa keluar.

"Sama, saya kira standar-standar itu yang harus kita miliki," pungkas Jokowi.

Menilik peenyataan Presiden Jokowi, bisa menarik kesimpulan ada upaya pemerintah untuk cuci tangan sebersih mungkin. Sebagaimana pada video amatir yang beredar, para oknum aparat kepolisian menembakkan gas air mata ke arah tribun. Dan, itu yang menjadi kecaman sejumlah pihak atas tragedi tersebut.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan