Ditetapkan Sebagai Capres, Surya Paloh Dinilai Selamatkan Anies dari KPK

  • Bagikan
Andi-Ali-Armunanto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sebelum dan sejak memantapkan diri maju menjadi Capres, Anies Baswedan banyak diduga melakukan korupsi penyelenggaraan Formula E di DKI Jakarta.

Anies Baswedan tercatat pernah dipanggil KPK soal Formula E. Tepatnya, pada pada 7 September lalu. Meskipun Anies merasa tidak melakukan dugaan itu, namun KPK tetap ngotot terus melakukan pemeriksaan.

Namun, sepertinya Anies sejak ditetapkan sebagai Capres oleh NasDem, bisa dikatakan mendapat tameng agar tidak diganggu lagi oleh KPK.

Hal itu senada dengan pandangan Pakar Politik Unhas, Ali Armunanto. Dia menyebut, penetapan Anies sebagai Capres demi menyelamatkan Anies dari KPK.

"Salah satu juga saya rasa, strategi yang digunakan Surya Paloh kenapa pak Anies buru-buru ditetapkan sebagai Capres NasDem adalah karena demi menyelamatkan Anies dari KPK," ujar Ali Armunanto kepada fajar.co.id (6/10/2022).

Ali menceritakan, pada saat akhir diperiksa KPK, kemudian justru ditetapkan oleh NasDem sebagai Capres. Hal tersebut sebenarnya tidak lazim.

"Tetapi kalau kita lihat, malah ketika KPK semakin mengejar Anies untuk kasus Formula E, justru malah simpati publik akan semakin bertambah pada Anies. Dan, citra KPK akan dianggap sebagai alat kekuasaan PDI P," lanjut Ali.

Menurutnya, hal itu memang strategi yang sangat menarik yang digunakan NasDem. Dan, tentu saja PDI P harus berhati-hati mengambil kebijakan apapun yang terkait dengan NasDem ataupun kebijakan-kebijakan refresif terhadap Anies Baswedan ataupun musuh-musuh PDI P.

"Nah, jadi justru dengan represif terhadap NasDem malah justru semakin melemahkan citra publik PDI P," pungkas Ali. (Muhsin/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan