Usut Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Terbitkan Keppres Pembentukan TGIPF

  • Bagikan
Presiden Jokowi saat mengumumkan kenaikan harga BBM Subsidi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) peristiwa Stadion Kanjuruhan Malang.

Jokowi telah menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 19 Tahun 2022 tentang pembentukan tim itu.

Dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabibet Republik Indonesia, Keppres diterbitkan untuk mencari, menemukan, dan mengungkap fakta terkait tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (01/10/2022) lalu.

Tragedi tersebut mengakibatkan setidaknya korban meninggal 125 orang dan korban lainnya mengalami luka-luka, yang menimbulkan dukacita mendalam baik bagi keluarga korban maupun masyarakat Indonesia.

“Perlu dilakukan tindakan untuk mencari, menemukan, dan mengungkap fakta dengan didukung data dan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan, sebagai bahan evaluasi untuk menghindari peristiwa serupa terjadi di masa yang akan datang, serta memberikan keadilan baik bagi korban dan/atau keluarganya maupun masyarakat dalam peristiwa tersebut,” bunyi peraturan itu, dikutip FAJAR.CO.ID, Kamis (6/10/2022). (eds)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan