Agar Aman Berkendara di Musim Hujan, 4 Komponen Mobil Ini Harus Diperhatikan

  • Bagikan
Ilustrasi berkendara dengan mobil saat musim hujan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Memasuki bulan Oktober tentunya melekat dengan musim penghujan. Pemilik kendaraan khusus roda empat diminta agar memperhatikan kondisi kendaraannya.

Pemeriksaan secara berkala komponen mobil saat musim hujan adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan agar kendaraan tetap dalam kondisi prima.

Komponen-komponen yang dimaksud penting untuk dicek ketika musim hujan tiba meliputi alat penerangan, ban, rem dan wiper. Komponen tersebut rawan bermasalah ketika musim hujan tiba.

  1. Lampu

Komponen yang paling penting dan harus diperhatikan adalah lampu. Ini dapat membantu pengendara mendapatkan visibilitas yang baik.

Komponen ini penting untuk diperhatikan kondisinya, terutama pada saat hujan deras di malam hari.

Pastikan juga meter cluster, lampu sign, headlamp, hazard, brake lamp, lampu senja dan lampu lainnya. Meski kabel listrik pada kendaraan dibuat dari bahan yang anti air, namun pastikan tidak ada kabel yang terkelupas akibat gigitan hewan.

  1. Wiper

Wiper juga merupakan salah satu komponen penting yang harus diperiksa ketika memasuki musim hujan. Alat ini berfungsi untuk menyapu air hujan yang jatuh ke kaca mobil.

Ketika memeriksa wiper, pastikan karetnya dalam kondisi baik agar dapat berfungsi membersihkan kaca mobil dari air dan kotoran. Pastikan karet wiper tidak mengeras dan sulit bergerak.

Selain itu, pastikan juga agar tabung air wiper dan nosel penyemprot berfungsi dengan baik agar kaca mobil tidak terkena endapan lumpur yang mengotori kaca mobil.

  1. Rem

Memasuki musim penghujan, fungsi rem sangat vital karena jarak pengereman kendaraan di musim hujan relatif lebih panjang dibandingkan dengan musim kemarau.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan