Jokowi Ajak Peserta P20 Bersama-sama Pulihkan Ekonomi, Fadli Zon Sebut Hasil P20 akan Dibawa di Forum G20

  • Bagikan
Presiden Jokowi --Foto: Ricardo/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Ajang Parliamentary Forum in the Context of the G20 Parliamentary Speakers Summit (P20) telah dibukan Presiden Joko Widodo, kemarin (6/10).

Dalam acara yang dihelat di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta itu, Jokowi mengajak para delegasi untuk bersama-sama memulihkan ekonomi dunia.

Jokowi menyampaikan, P20 menjadi forum yang sangat strategis untuk membicarakan agenda-agenda global. ”Dunia tengah menghadapi tantangan yang berat, pandemi belum sepenuhnya berakhir, konflik geopolitik timbulkan dampak global, dan semua negara alami dampak penyesuaian iklim,” katanya.

Jokowi mengatakan, semua pihak harus mampu menurunkan ego dan berupaya keras mengatasi perbedaan. Selain itu, negara-negara anggota G20 harus memperbanyak titik temu guna mendorong pemulihan ekonomi dunia.

Jokowi mengajak para pemimpin parlemen global untuk dapat menjadi solusi dan berperan sebagai jembatan dalam membawa misi perdamaian.

Jokowi juga mengapresiasi penyelenggaraan P20. ’’P20 adalah representasi suara rakyat global, yang dipilih oleh rakyat,” ujar Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu berharap forum tersebut menjadi ajang untuk membangun kebersamaan dengan rakyat, kebersamaan lintas negara, perdamaian dunia, memecahkan berbagai masalah kemanusiaan, dan membangun dunia yang lebih makmur.

Ketua DPR Puan Maharani menyatakan, sebagai tuan rumah, Indonesia berkomitmen penuh untuk menyukseskan kontribusi parlemen dalam menyelesaikan berbagai krisis global. ’’Termasuk upaya pemulihan pandemi yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Puan dalam pidatonya kemarin.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan