Kapan Sebenarnya Nabi Muhammad Lahir? Ini Lima Pendapat Tanggal Kelahiran Rasulullah

  • Bagikan
Ilustrasi peringatan Maulid Nabi

FAJAR.CO.ID — Peringatan hari lahir Rasulullah Saw yang kemudian dikenal sebagai Maulid Nabi jatuh pada Sabtu, (8/10/2022).

Tahu nggak sih? Ada beberapa pendapat yang berbeda terkait tanggal kelahiran Nabi Muhammad.

Dilansir dari Harakah.id, salah satu situs Islam, setidaknya ada lima pendapat terkait kelahiran nabi.

Pendapat Pertama, Nabi Muhammad SAW lahir pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal. Pendapat ini disampaikan oleh Imam Ibnu Ishaq dan ulama lainnya, sebagaimana disebutkan oleh Imam Ibnu Rajab dalam kitabnya Lathaiful Ma’arif. Pendapat ini kemudian menjadi pendapat yang masyhur dan diacu oleh banyak ulama termasuk kaum Muslimin.

Pendapat Kedua, Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 2 Rabiul Awal. Pendapat ini disampaikan oleh Imam Abdul Barr dalam kitab Al-Isti’ab.

Pendapat Ketiga, Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 8 Rabiul Awal. Pendapat ini disampaikan oleh Imam al-Humaidi dari Imam Ibnu Hazm. Pendapat ini juga diriwayatkan oleh Imam Malik, Aqil, Yunus bin Yazid dan ulama lainnya dari Imam az-Zuhri dari Jubair bin Muth’im.

Pendapat Keempat, Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 10 Rabiul Awal. Pendapat ini dinukil oleh Ibnu Dihyah dan diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asakir dari Abu Ja’far Al-Baqir.

Sedangkan Pendapat Kelima mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 9 Rabiul Awal bertepatan dengan 20 April 571 M.

Dari lima pendapat ini bisa sama-sama kita lihat bahwa titik perbedaan yang muncul di antara para ulama terletak pada tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW. Adapun terkait hari dan bulan kelahiran Nabi, para ulama sepakat bahwa beliau lahir pada hari Senin Bulan Rabiul Awal. Hal ini karena Nabi Saw pernah mengatakan sendiri bahwa beliau dilahirkan pada hari Senin.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan