Komitmen Gunakan Produk Lokal, Ganjar Pranowo Alokasikan Rp3,8 Triliun Belanja UMKM Lokal

  • Bagikan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

FAJAR.CO.ID, SEMARANG -- Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Jateng untuk belanja ke UMKM lokal cukup besar. Provinsi ini setidaknya mengalokasikan Rp3,8 triliun.

Alokasi belanja APBD untuk UMKM itu disebut sebagai bentuk komitmen pemerintah Jateng dalam menggunakan produk dalam negeri.

“Komitmen untuk produk dalam negeri dan UMKM yang ada di Provinsi Jawa Tengah, dari data rencana umum pengadaan atau penyedia ini kurang lebih Rp3,8 triliun. Terus kemudian data rencana umum pengadaan komitmen produk dalam negeri itu Rp3,5 triliun,” tutur Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Bali Nusa Dua Convention Center di Badung, Bali, Jumat (7/10).

Ganjar menyebut, data rencana umum pengadaan produk impor hanya sekitar Rp302 miliar. Ganjar mengatakan, itu berarti komitmen Jateng menggunakan produk dalam negeri berikisar 92,12 persen dari APBD Jateng per tanggal 30 September 2022.

“Lalu realisasi belanja paket RUP dengan komitmen P3DN (Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri) ini untuk Pemerintah Provinsi Jateng sampai dengan 23 September 2022, 53,17 persen. Ini totalnya sudah segitu, ya lumayan lah untuk bisa kita sampaikan kepada publik,” katanya.

Ganjar mengatakan pihaknya juga memanfaatkan aplikasi Blankon Jateng untuk menyerap belanja produk dalam negeri di Pemprov Jateng dan masyarakat. Hingga 30 September 2022, kata Ganjar, presentase realisasi belanjanya kurang lebih 12,17 persen.

“Tapi presentase realisasi belanja dari target stranas (stategi nasional) itu 121,65 persen. Jadi relatif lumayan berjalan sambil terus kita lakukan,” kata Ganjar lewat keterangan tertulisnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan