Kunjungan Anies dengan AHY Disebut Bukan Pertemuan Biasa, Pengamat: Bisa Jadi Membicarakan Rencana Koalisi Parpol

  • Bagikan
Anies Baswedan bertemu AHY saat mengunjungi Kantor DPP Demokrat. (Zaki/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Pertemuan Gubernur DKI Jakarta dan Keluarga Besar Partai Demokrat banyak digadang-gadang akan melahirkan koalisi. Sebab, tidak sedikit yang berharap Anies dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpasangan pada Pilpres 2024.

Pengamat Politik Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Arief Wicaksono mengatakan hal senada. Kepada fajar.co.id, dia mengatakan, kombinasi pasangan Anies dan AHY sudah banyak dibicarakan publik sejak beberapa waktu terakhir ini.

"Setelah NasDem mengumumkan bahwa mereka mencapreskan Anies, pembicaraan publik seolah kemudian lebih menguatkan formasi tersebut," ujar Arief Wicaksono.

Arief menambahkan, hal itu tidak salah, sebagai buktinya terjadi kopi darat antara Anies dan AHY. Dan, dikabarkan telah menyimpan strategi dan manuver untuk tahapan pencalonan Capres dan Cawapres.

"Namun, keluarnya hasil survey sebuah lembaga baru-baru ini, tentu juga akan menjadi perhatian dan kalau menurut saya, harusnya ikut menentukan bagaimana konstalasi politik kedepan," lanjutnya.

Menurut Arief, pertemuan Anies-AHY juga akan menentukan seberapa besar bargaining power and position yang ditawarkan kepada Demokrat.

"Jika saling berterima, maka bisa jadi pertemuan Anies-AHY hari ini juga akan membicarakan rencana koalisi parpol agar pencalonan tersebut mulus dan sesuai dengan peraturan," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Demokrat Makassar Adi Rasyid Ali, memandang pertemuan antara kedua tokoh tersebut bisa dikatakan harapan rakyat akan terwujud.

"Jika Anies - Ahy dipasangkan, sosok mereka saling melengkapi dan ini yang ditunggu oleh rakyat Indonesia," ujarnya kepada fajar.co.id (7/10/2022).

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan