Survei Elektabilitas Capres 2024, Prabowo Subianto Masih di Atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

  • Bagikan
Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Survei tentang elektabilitas calon presiden bermunculan dari berbagai lembaga. Hasil survei itu menjadi menarik di tengah upaya partai politik menentukan jagoan di pilpres 2024 mendatang.

Rilis survei elektabilitas terbaru dikeluarkan Political Weather Station (PWS) yang merilis hasil survei elektabilitas calon presiden (Capres) Pemilu 2024. Hasilnya, elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berada pada posisi paling atas, yang kemudian disusul Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

“Elektabilitas Prabowo Subianto sebesar 30,8 persen, alias leading sangat signifikan atas dua gubernur yang sering disebut-sebut sebagai penantang terberat Ketua Umum Partai Gerindra tersebut, yakni Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Anies Baswedan,” kata peneliti PWS Sharazani dalam siaran daring, Jumat (7/10).

Sharazani menjelaskan, survei PWS yang dilakukan pada Januari 2022 elektabilitas Prabowo baru sebesar 22,9 persen, saat ini telah meningkat menjadi 30,8 persen. Sementara itu untuk Ganjar Pranowo pada Januari 2022 elektabilitasnya 19,8 persen, Oktober ini senilai 18,8 persen.

“Sedangkan Anies yang pada survei Januari 2022 memperoleh elektabilitas 19,9 saat ini tinggal 17,5 persen saja,” ucap Sharazani.

Saat ini, tokoh yang secara resmi sudah mendeklarasikan sebagai Capres 2024 adalah Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Sharazani mengungkapkan, berdasarkan analisis sentimen yang dilakukan PWS, pasca mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai satu-satunya capres yang diusung Partai NasDem, sentimen negatif terhadap partai besutan Surya Paloh itu mengalami kenaikan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan