Analisa Refly Harun Soal Pertemuan Anies dan HRS, Ungkap Ada Simbol Tertentu

  • Bagikan
Anies Baswedan bersama HRS, dan Buya Yahya.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Pengamat politik Refly Harun menyoroti pertemuan antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Habib Rizieq Shihab di Pertamburan, Jakarta Pusat.

Anies Baswedan bertemu Habib Rizieq karena diundang pada acara pernikahan putri ulama tersebut, Mumtaz Syihab yang digelar pada Jumat (8/10/2022).

Refly Harun menyinggung pembicaraan Anies dalam acara tersebut, tentu tidak melakukan percakapan tentang politik secara langsung, tapi ini merupakan simbol tertentu.

"Apa yang disampaikan oleh Anies Baswedan dalam acara itu ya tentu tidak bicara soal politik secara straight ya, secara langsung," ungkapnya.

"Tetapi ini adalah simbol ya bahwa Anies dekat dengan kelompok-kelompok FPI, kelompok-kelompok PA 212, GNPF ulama, dan lain sebagainya," imbuhnya.

Habib Rizieq merupakan seorang ulama besar yang memegang kendali pada kelompok-kelompok tertentu, sehingga dukungannya sangat penting bagi Anies di Pilpres 2024.

"Yang memang bergantung kepada komando imam besarnya yaitu Habib Rizieq Shihab, untuk dukung mendukung, dan lain sebagainya," ujarnya yang dikutip dari YouTube Refly Harun, Senin (10/10).

Hingga sekarang, Habib Rizieq belum menentukan dukungannya secara resmi terhadap Anies, dan belum diketahui arah politiknya menuju pada siapa di Pilpres 2024.

"Walaupun tentu secara resmi Habib Rizieq belum menentukan haluan kemana-mana ya, tetapi kita harus paham ya kalau calonnya lebih dari Anies dari sisi endorsement kanannya rasanya susah juga," pungkasnya.(wartaekonomi/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan