7 Tips Berkendara Aman Ketika Memasuki Musim Penghujan

  • Bagikan
Ilustrasi berkendara pada saat musim hujan

FAJAR.CO.ID-- Bulan Oktober merupakan awal masuk musim penghujan. Maka dari itu kita harus berhati-hati dalam berkendara.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan awal musim hujan di Indonesia jatuh pada November 2022 mendatang.

Namun, beberapa wilayah di Indonesia sudah merasakan intensitas hujan yang cukup tinggi.

Berkendara saat hujan tentu sangat berbahaya, karena jarak pandang menjadi
lebih pendek dan jalanan menjadi licin yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Dilansir dari postingan Instagram @indonesiabaik.id, Selasa 11 Oktober 2022, berikut tips-tips berkendara aman pada saat hujan tiba.

  1. Sediakan Jas Hujan, lebih disarankan agar menggunakan Jas hujan mode single supaya lebih praktis dan nyaman.
  2. Usahakan lampu motor terus menyala, itu dimaksudkan agar jika terjadi kondisi hujan yang cukup lebat kondisi jalan masih bisa terlihat dengan jelas.
  3. Sebelum memulai perjalanan terlebih di saat memasuki musim penghujan ada baiknya selalu memeriksa kondisi ban, seperti tekanan udara agar nyaman saat berkendara.
  4. Usahakan berkendara dengan pelan serta menghindari rem mendadak agar tidak menyebabkan selip ban karena kondisi jalan licin.
  5. Disarankan agar selalu menjaga jarak dengan pengendara lain, apalagi jarak pandang yang pendek saat hujan.
  6. Selalu fokus ketika berkendara, ini dimaksud agar selalu mewaspadai genangan air,jalanan berlubang akan tertutup air sehingga berbahaya.
  7. Jika hujan dirasa sangat lebat disarankan untuk pengendara agar berteduh atau menepi sejenak dan menunggu hujan reda.(Erfyansyah/fajar)
Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan