Kasus Meme Stupa Borobudur Mulai Sidang, Roy Suryo Terancam 6 Tahun

  • Bagikan
Roy Suryo ketawa ketiwi (Tangkapan layar Twitter @muannas-alaidid)--

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sidang kasus meme stupa Borobudur dengan terdakwa eks Menpora, Roy Suryo digelar di PN Jakbar, Rabu (12/10). Roy Suryo terancam 6 tahun kurungan penjara.

Sesuai dakwaan tim jaksa penuntut umum, Tri Anggoro Mukti dkk, terdakwa eks Menpora Roy Suryo terancam hukuman maksimal 6 tahun kurungan penjara.

Terdakwa Roy Suryo didakwa melakukan ujaran kebencian terhadap SARA, ujaran permusuhan atau penodaan agama hingga kasus penyebaran kabar tidak pasti atau berlebihan, yang menyebabkan keonaran di kasus meme stupa Borobudur.

“Ancamannya enam tahun, maksimal,” kata Tri Anggoro Mukti di PN Jakarta Barat, Rabu (12/10/2022).

Diketahui meme stupa Borobudur itu menjadi viral usai di retweet atau dicuitkan ulang di Twitter oleh mantan Menpora Roy Suryo.

Tri Anggoro Mukti menyebutkan bahwa terdakwa Roy Suryo pada tanggal 10 Juni 2022, atau pada tanggal 11 juni 2022, dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Kronologi Meme Stupa Borobudur

Awalnya eks Menpora Roy Suryo melihat adanya unggahan di media sosial Twitter terkait foto meme stupa Borobudur yang sudah direkayasa dan diubah menjadi foto lain di akun bernama @IrutPagut.

Kemudian keesokan harinya postingan tersebut viral setelah banyak yang berkomentar pengguna Twitter di postingan itu, selain itu postingan itu juga telah dimuat di sebuah media online.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan