Ternyata Begini Perbedaan HIV Tipe 1 dengan HIV Tipe 2

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Profesor Zubairi Djoerban mengingatkan untuk mewaspadai penyebaran HIV dari satu ke orang lainnya. Dia berkata penyebab penyakit ini adalah dari jarum suntik dan hubungan seks yang kurang aman.

"Waspadai cara HIV menular dari satu orang ke orang lain. Dua di antaranya lewat jarum suntik (narkoba) atau alat tindik dan seks tidak aman. Yang bisa kita lakukan adalah harus teliti, jauhi narkoba, dan jaga seks tetap aman: setia dengan pasangan resmi," tulis cuitan Zubairi di Twitter.

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah jenis virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Akibatnya terjadi penurunan imun. Penyakit ini bisa berkembang menjadi AIDS.

Meski penyakit ini adalah penyakit mematikan, namun hingga kini belum ditemukan obat yang bisa membunuh virus tersebut. Hanya ditemukan beberapa metode untuk mengurangi dampaknya.

Lalu, tahukah Anda bahwa ternyata HIV terbagi dua tipe HIV yaitu HIV tipe satu atau hanya disebut HIV dan HIV tipe 2.

Kedua tipe ini bagian dari retrovirus, namun genetiknya berbeda. Dilansir dari klikdokter didapati kira-kira 55 persen genetik yang berbeda dari keduanya.

Tetapi, perlu menjadi catatan bahwa cara penularan keduanya dan perjalanan penyakit ini sama saja. Begini perbedaan dari kedua tipe tersebut.

  1. Transmisi

Cara penularan keduanya lewat cairan tubuh seperti ASI, darah dan hubungan seksual. Disebutkan bahwa penularan HIV tipe 2 lebih sulit dibandingkan tipe 1.

Resiko ibu menularkan ke janin lebih tinggi pada tipe 1. Hubungan seksual menjadi penyebab umum HIV tipe 2, tetapi masih lebih rendah daripada HIV 1.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan