5 Cara Meredakan Sakit Kepala Secara Alami

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID – Sakit kepala adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Sakit kepala juga merupakan penyakit yang mudah muncul karena beragam penyebab yang membuat sebagian orang memilih untuk tidak bergantung terhadap obat-obatan.
Penyebab sakit kepala sendiri disebabkan oleh perilaku sehari-hari yang tidak baik, seperti kurang tidur, terlambat makan atau pemilihan makanan yang kurang tepat, kurang minum, kurang istirahat, stress dan terlalu banyak berfikir.

Simak berikut tips atau cara membantu meredakan sakit kepala secara alami:

  1. Minum Air Putih
    Cara alami untuk meredakan sakit kepala yaitu dengan minum air putih, peneliti mengatakan bahwa dengan meminum lebih banyak air putih dapat meredakan sakit kepala hal itu dikarenakan dehidrasi menjadi salah satu penyebab umum sakit kepala.
    Dengan mengkonsumsi lebih banyak air putih maka sakit kepala akan reda dalam jangka waktu 30 menit atau setengah jam sampai 3 jam.
  2. Beristirahat Tidur
    Kurang tidur terkadang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan sakit kepala, dengan memiliki tidur yang cukup menjadi salah satu cara untuk meredakan sakit kepala secara alami.
    Ingatlah jam tidur yang normal sebanyak tujuh sampai sembilan jam per hari.
  3. Kompres kepala
    Cara meredakan sakit kepala secara alami juga dengan cara mengompres bagian kepala dengan kompres dingin maupun kompres hangat.
  4. Pijat bagian Kepala
    Dengan memijat bagian kepala, leher dan pelipis selama beberapa menit anda akan menjadi lebih relaks hal itu dapat membantu meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh stres.
  5. Mengkonsumsi Teh atau Kopi

Anda dapat meredakkan sakit kepala yang sering terjadi dengan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti teh atau kopi.

Penelitian mengatakan bahwa kafein dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan kewaspadaan dan menyempitkan pembuluh darah sampai meringankan sakit kepala.
Namun, perlu diingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

  1. Melakukan Relaksasi

Anda dapat melakukan gerakan relaksasi untuk mengatasi sakit kepala akibat stres. Anda juga dapat melakukan jenis relaksasi seperti yoga, meditasi atau sekedar bersantai untuk menghilangkan penat dan stress.

Itulah beberapa cara alami untuk meredakkan sakit kepala. Namun, jika anda merasakan sakit kepala yang parah, anda harus langsung memeriksakan diri ke dokter. (Pintara Dinda Syahjada)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan