KPU Umumkan 18 Parpol Lolos Administrasi, Ini Daftar Lengkapnya

  • Bagikan
Komisioner KPU Betty Idroos (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Partai politik peserta pemilu 2024 mendatang dipastikan bakal diramaikan 18 parpol. Itu setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan parpol yang lolos verifikasi administrasi.

Sebelumnya, ada 24 partai politik yang mengajukan diri sebagai calon peserta pemilu 2024 mendatang. Itu berarti, ada enam parpol yang dinyatakan tidak lolos.

Hal ini berdasarkan surat Pengumuman Nomor 9/PL.01.1-Pu/05/2022 tentang Pengumuman Hasil Verifikasi Administrasi.

Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua KPU Hasyim Asy’ari tertanggal 14 Oktober 2024. Terdapat enam partai politik yang dinyatakan tidak lolos pada verifikasi administrasi. “Iya (enam parpol tidak lolos verifikasi administrasi,” kata Komisioner KPU Betty Idroos, Jumat (14/10).

Enam partai politik yang tidak memenuhi syarat verifikasi adminitrasi di antaranya Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo), Partai Republik, Partai Republik Satu, Partai Republik Indonesia, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), dan Partai Keadilan dan Persatuan.

Sementara itu, terdapat 18 partai politik yang lolos verifikasi administrasi. Namun, hanya sembilan dari 18 parpol parpol yang harus mengikuti tahap verifikasi faktual. Karena, sembilan parpol tersebut belum mempunyai kursi di parlemen. “Kami lanjut untuk verifikasi faktual parpol yang memenuhi syarat untuk verifikasi administrasi perbaikan,” ucap Betty.

Berikut ini 18 partai yang lolos tahapan verifikasi administrasi KPU:

  1. PPP
  2. PKB
  3. PDI Perjuangan
  4. Partai Nasdem
  5. Partai Demokrat
  6. PAN
  7. Partai Gerindra
  8. PSI
  9. Partai Golkar
  10. Perindo
  11. PKN
  12. PKS
  13. Partai Gelora Indonesia
  14. PBB
  15. Partai Hanura
  16. Partai Garuda
  17. Partai Ummat
  18. Partai Buruh. (jpg/fajar)
Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan