Empat Negara Hapus Utang Indonesia Rp5 Triliun, Dikonversi dalam Bentuk Proyek

  • Bagikan
Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo. Foto: Dokumentasi pribadi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Negara Jerman, Italia, AS dan Australia menghapus utang luar negeri Indonesia sebesar USD334,94 Juta atau setara Rp5 Triliun.

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Prastowo Yustinus mengatakan, dalam pengelolaan pembiayaan, Kemenkeu di DJPPR senantiasa melakukan pemantauan terhadap realisasi penyerapan dan aspek keuangan atas pinjaman yang dilakukan oleh pemerintah, salah satunya melalui restrukturisasi pinjaman.

Hal ini berdasarkan PMK 224 tahun 2011. Restrukturisasi pinjaman adalah reorganisasi pinjaman yang melibatkan pemberi dan penerima untuk mengubah persyaratan yang telah disepakati dalam rangka membayar kembali pinjaman, dengan skema rescheduling, refinancing, debt forgiveness, debt conversion, atau prepayment.

Prastowo menjelaskan, sebanyak 4 negara kreditur berkomitmen menghapus utang Indonesia lewat skema konversi atau debt swap.

Konversi utang yang disepakati adalah ke dalam bentuk program/proyek yang harus dilaksanakan oleh pemerintah RI.

“Proyeknya bermacam-macam. Dari kreditur Jerman untuk proyek pendidikan, edukasi, kesehatan, dan global fund, Australia untuk kesehatan, AS untuk tropical forest dan debt swap dengan kreditur Italia untuk proyek housing and settlement,” ucapnya, dalam keterangannya, Senin, (17/10/2022).

Total kumulatif nilai komitmen debt swap yang disepakati dengan kreditor bilateral adalah eq USD334,94juta (utang yang akan dihapus).

Hingga per 30 September 2022, sudah terealisasi sebesar eq USD 290,51 juta.

Menurutnya, ini capaian yang cukup bagus dan menunjukkan mutual trust yang tinggi. Sebagai bentuk komitmen terhadap pelaksanaan kegiatan yang disepakati, pemerintah juga turut berkontribusi untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan nilai eq USD 215,35 juta. Ini tak lain cara untuk meneguhkan komitmen dengan sungguh-sungguh.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan