Heru Budi Hartono Pj Gubernur DKI Jakarta, Ini Penilaian Terbaru Prasetyo Edi Marsudi soal Sumur Resapan

  • Bagikan
Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi atau akrab disapa Mas Pras yang sebelumnya mengkritik kebijakan sumur resapan besutan Anies Baswedan kini menilai program tersebut baik. Foto : ilustrasi/Ricardo/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Setelah Anies Baswedan menyelesaikan masa baktinya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi menyampaikan penilaian terbarunya soal sumur resapan.

Sumur resapan yang dicetuskan Anies Baswedan itu merupakan program yang baik dalam penanggulangan banjir, tetapi salah penempatan.

Mas Pras yang akrab disapa itu sebelumnya kerap mengkritik program ini karena dinilai tak efektif menuntaskan banjir. Bahkan, dia menyebut sumur resapan seperti kolam lele.

“Masalah sumur resapan? Sebetulnya sumur resapan itu program baik, cuma salah penempatannya. Kalau di jalan aspal dipasang sures, airnya enggak meresap, dibuang keluar kan enggak ada gunanya,” kata Pras di Balai Kota, Selasa (18/10).

Pras menyarankan sumur resapan sebaiknya hanya dibangun di area yang tanahnya masih bisa menyerap air dengan cepat. “Permasalahannya Jakarta itu kan janji semua, itu kan hulu hilir dibereskan, pertanyaannya apakah itu masih banjir? Iya masih banjir, nah yang kecil-kecil itu dibereskan,” ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan ini pun berharap Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono pengganti Anies Baswedan bisa menjalankan program pencegahan banjir dengan baik.

“Saya juga minta kepada Pak Gubernur setelah konsolidasi di internal, kamu harus turun ke lapangan, mana sih permasalahannya,” pesan Mas Pras.

Pernah sebut mirip kolam lele

Pada Januari 2022 lalu, Prasetyo menyarankan agar sumur resapan yang telah dibangun untuk dialihfungsikan sebagai kolam untuk ternak lele. Nantinya, lele tersebut diternak oleh warga sekitar.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan