IndoVac, Vaksin Produksi Pertama Indonesia Diklaim Tak Miliki Efek Samping Berat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kini Indonesia memiliki vaksin Covid-19 pertama produksi dalam negeri, yaitu IndoVac.

Vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe mengatakan, proses produksi IndoVac dari hulu ke hilir dilakukan di Indonesia. Vaksin ini diproduksi oleh BUMN PT. Bio Farma

“IndoVac dikembangkan dengan teknologi rekombinan protein subunit dan telah mendapatkan izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” jelasnya dalam keterangannya, Senin, (17/10/2022).

Uji klinis dilakukan di Indonesia melibatkan lebih dari 4.000 orang. Prosesnya berlangsung selama 1,5 tahun

Vaksin ini telah memenuhi standar persyaratan World Health Organization (WHO).

Menurutnya, IndoVac efektif. Terjadi kenaikan antibodi secara signifikan melebihi vaksin pembandingnya yang memiliki efikasi lebih dari 80 persen.

Selain itu, IndoVac aman. Efek sampingnya ringan dan tidak ada Kejadian Ikutan Pascaimunisasi (KIPI) serius selama uji klinis.

“Alhamdulillah IndoVac dinyatakan halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI),” tutur Dokter spesialis penyakit dalam ini.

Lebih jauh kata dia, IndoVac digunakan sebagai vaksinasi primer dan nantinya dapat digunakan sebagai vaksinasi booster dan vaksinasi anak.

Ketersediaan IndoVac penting untuk mencapai ketahanan vaksin dalam negeri dan memastikan semua penduduk dapat mengakses vaksin

“Kita segera memasuki fase endemi dan vaksinasi akan tetap dibutuhkan. Tidak perlu ragu menggunakan vaksin covid-19 produksi dalam negeri. Segera vaksinasi, segera terlindungi,” tambahnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meluncurkan sekaligus meninjau penyuntikan perdana vaksin Indovac, di pabrik PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022) lalu. (selfi/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan