Tanda-tanda Kanker Mata yang Harus Anda Ketahui, Nomor 10 Sering Terjadi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Kanker mata adalah penyakit langka yang berasal dari sel-sel atau jaringan di disekitar mata bersifat ganas dan dapat menyebar yang dapat merusak sel-sel normal pada bagian mata.

Kanker mata dapat menyerang tiga bagian utama mata yaitu bola mata, jaringan yang mengelilingi bola mata dan aksesoris mata (alis, kelenjar air mata dan kelopak mata).

Dikutip dari Medical News Today, sel kanker yang dimulai di mata disebut kanker intaokular primer, sedangkan hasil dari penyebaran kanker di area lain dikenal sebagai kanker intraokuler sekunder.

Dilansir American Cancer Society, kanker mata merupakan penyakit kronis yang jarang diterjadi dan tanda-tanda yang terjadi jarang terdeteksi. Namun, beberapa kanker mata bisa diketahui jika rutin melakukan pemeriksaan rutin tiap tahunnya.

Jenis-jenis Kanker Mata

  1. Melanoma Intraokular
    Melanoma Intraokular merupakan jenis kanker mata yang sering terjadi. Melanoma secara umum berkembang dari sel-sel penghasil zat warna (pigmen) atau melanosit yang terletak di jaringan uvea dimulai pada sel berpigmen yang memberi warna pada mata. Melanoma intraokular paling sering muncul di koroid, tetapi juga bisa timbul di iris mata.
  2. Limfoma Intraokular
    Limfoma intraokular adalah jenis kanker mata yang berasal dari sel-sel di kelenjar getah bening di dalam mata.
  3. Retinoblastoma
    Retinoblastoma merupakan kanker mata yang umumnya menyerang anak-anak. Kanker mata ini muncul akibat mutasi perubahan pada retina yang menyebabkan sel-sel retina membelah dengan cepat dan menyebar ke jaringan mata serta bagian tubuh lainnya.

Lantas, seperti apa sih gejala kanker mata yang bisa dialami oleh pengidapnya? Berikut beberapa tanda-tanda kanker mata yang dikutip dari berbagai sumber.

  1. Penglihatan menjadi kabur atau kehilangan penglihatan secara mendadak
  2. Penyempitan pandangan
  3. Terjadi floaters atau melihat benda, garis atau bintik beterbangan
  4. Perubahan ukuran atau bentuk pupil
  5. Bintik hitam yang tumbuh di iris
  6. Perubahan posisi bola mata
  7. Perubahan warna pada iris mata
  8. Terdapat benjolan di sekitar area mata
  9. Mata merah menjadi iritasi
  10. Nyeri pada mata
  11. Air mata yang berlebihan atau air mata berdarah. (Pintara Dinda Syahjada)
Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan