Ternyata Ini Manfaat Memelihara Kucing!

  • Bagikan
Kucing

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Memilih untuk memelihara binatang dibutuhkan sebuah komitmen. Baik itu waktu, tenaga, maupun lingkungan. Pasalnya, aktivitas memelihara binatang itu harus konsisten.

Salah satu binatang yang akrab dengan manusia, yakni kucing. Tingkah hewan berbulu ini lucu dan menggemaskan, sehingga banyak orang memilih untuk memeliharanya di rumah.

Nah, perlu diketahui ternyata memelihara kucing memiliki banyak manfaat berdasarkan studi ilmiah.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat memelihara kucing:

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Ternyata memelihara kucing dipercaya mampu menurunkan stres.

Memelihara kucing, menurut penelitian, dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular atau jantung. Mereka yang memelihara kucing memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke yang lebih kecil.

Psychosomatic Medicine pernah memublikasikan sebuah penelitian tentang pengaruh kehadiran teman, pasangan, dan hewan peliharaan pada reaktivitas kardiovaskular terhadap stres psikologis dan fisik.

Sebanyak 240 pasangan menikah diperiksa reaktivitas kardiovaskularnya. Setengah dari partisipan memiliki hewan peliharaan.

Para partisipan diminta menjawab pertanyaan hitungan di luar kepala (mental arithmetic) dan menjalani cold pressor test. 

Cold pressor test adalah tes kardiovaskular yang dilakukan dengan merendam tangan ke dalam wadah berisi air es, biasanya selama satu menit, dan mengukur perubahan tekanan darah dan detak jantung. Perubahan ini berhubungan dengan respons vaskuler dan eksitabilitas nadi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan