Jika Ada Oknum TNI Lakukan Tindak Pidana, Kasi Penindakan PidMil Sulsel Minta Masyarakat Laporkan

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Belakangan ini publik kerap dikagetkan dengan kelakuan oknum aparat, menindas sampai menganiaya masyarakat.

Menindak tegas hal tersebut, Kasi Penindakan pada Asisten Pidana Militer (Pidmil) Sulsel Fakhrul Faisal, meminta masyarakat untuk membuat laporan jika melihat oknum TNI melakukan tindak pidana.

"Diharapkan kepada masyarakat untuk melaporkan apabila terdapat bukti yang cukup adanya indikasi perbuatan tindak pidana yang dilakukan oleh oknum TNI bersama-sama dengan orang atau masyarakat sipil," ujar Fakhrul Faisal saat hadir di salah satu Radio swasta, Kamis (19/10/2022).

Fakhrul mengungkapkan, saat ini Asisten Pidana Militer Kejati Sulsel sementara melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan tiga matra.

Tujuannya, agar memudahkan di dalam penanganan kasus tindak pidana yang terindikasi koneksitas.

Sementara itu, Aspidmil Sulsel Asri Arief, menerangkan, pembentukan bidang Pidana Militer merupakan manivestasi dari amanat undang-undang Nomor 31 Tahun 1997.

Pada Undang-undang itu dijelaskan tentang Peradilan Militer, khususnya penjelasan Pasal 57 ayat (1) yang menyebutkan, “Oditur Jendral Dalam Melaksanakan Tugas di Bidang Teknis Penuntutan bertanggungjawab kepada Jaksa Agung Republik Indonesia selaku penuntut umum tertinggi di Negara Republik Indonesia”.

"Untuk pengendalian kewenangan Jaksa Agung dalam perkara koneksitas tersebut dibantu oleh Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer, selaku unsur pembantu pimpinan dalam melaksanakan tugas dan wewenang kejaksaan di bidang koordinasi teknis penuntutan yang dilakukan oleh Oditurat dan penangan perkara koneksitas tetap bertanggungjawab kepada Jaksa Agung," katanya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan