KIB Diprediksi akan Bubar, Dua Partai Ini Mulai Was-was Bakal Rontok di Pemilu 2024

  • Bagikan
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang merupakan koalisi partai politik yang terdiri dari tiga partai yaitu Partai Golkar, PAN, dan PPP diprediksi akan bubar.

Hal itu diungkapkan Akademisi dari Cross Culture Institute, Ali Syarief. Dia memprediksi KIB akan bubar di tengah jalan karena beberapa faktor.

Berdasarkan, prediksi para pengamat politik, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional (PAN) akan rontok di Pemilu yang akan datang.

Secara perolehan suara, dua partai politik tersebut memang termasuk dua partai politik dengan perolehan suara terendah dari sembilan partai di kabinet.

“PPP dan PAN, diperkirakan para pengamat akan rontok pada pemilu yang akan datang,” ujar Ali melalui akun Twitter-nya pada Kamis (20/10).

Sementara itu, satu-satunya cara untuk mendongkrak elektabilitasnya, PPP dan PAN harus ikut mengusung calon presiden yang unggul dan diperkirakan akan menang.

Oleh karena itu, tak heran Koalisi Indonesia Bersatu ini cenderung stagnan dan justru terancam bubar jalan sebelum Pemilu.

“Satu-satunya untuk mendongkrat elektabilitas pada Pemilu nanti, adalah ikut mengusung Capres yang unggul dan diperkirakan akan menang. Itulah mengapa KIB stagnan dan terancam bubar jalan,” ujar Ali.(wartaekonomi/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan