Baznas Tawarkan Beasiswa untuk Santri, Wapres Ma’ruf Amin Titip Harapan Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Peran aktif pengelola zakat masyarakat seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dianggap penting bagi pemerataan pembangunan.

Dana sosial umat Islam merupakan salah satu kekuatan pembangunan ekonomi, baik ekonomi syariah, maupun ekonomi nasional secara umum.

Terkait hal itu, Baznas memberikan pelayanan beasiswa bagi para santriwan dan santriwati dari setiap pesantren.

"Saya menitipkan harapan kepada Baznas. Semoga beasiswa yang diberikan bisa lebih banyak lagi. Harapannya, para santri kelak dapat menjadi teknokrat, birokrat, dan pemimpin Indonesia, yang di antaranya adalah penerima Beasiswa Baznas," ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin saat membuka Peluncuran Beasiswa Santri Baznas, di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Sabtu (22/10/2022).

Dalam kesempatan ini, Wapres juga menekankan bahwa beasiswa santri Baznas diharapkan mampu mendorong program penanggulangan kemiskinan yang digencarkan Pemerintah bersama Baznas.

"Melalui pendidikan tidak hanya saja santri yang berkrmbang, tetapi kekuarga santri juga akan terangkat secara ekonomi, bahkan juga orang sekeliling pesantren dan orang sekitarnya juga terbantu," urai Wapres.

Sebelumnya, Ketua Baznas Noor Achmad mengatakan, pemberian beasiswa kepada para santri merupakan bentuk pengabdian Baznas dalam menyalurkan zakat dari para mustahik (pemberi zakat).

"Baznas meski sedikit, tapi insyaAllah akan abdikan dirinya kepada santri, dengan beri beasiswa santri baznas.
Tentu [beasiswa] akan ditambah dengan muzakih dari BUMN. Nanti zakatnya diberi ke Baznas untuk tambah beasiswa," tutur Noor.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan