Longsor Timbun Satu Rumah di Sukabumi, Ayah dan Anak Terkubur

  • Bagikan
Proses evakuasi jenazah Eneng (30), korban longsor di Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang, Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/5/2022). -M Fikri Setiawan-ANTARA

FAJAR.CO.ID, SUKABUMI -- Hujan deras yang mengguyur Kampung Cibunar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengakibatkan longsor tebing setinggi 7 meter.

Tebing setinggi 7 meter itu longsor usai diguyur hujan lebat, pada Minggu, 23 Oktober 2022 dini hari.

Sebuah rumah yang ada di bawah tebing tersebut pun tertimbun longsor. Saat kejadian, ayah dan anak sedang berada di dalam rumah.

Diungkapkan anggota Sub Koordinator Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Medi Abdul Hakim, satu di antara dua korban yang tertimbun longsor meninggal dunia.

"Dua korban yang tertimbun longsor tersebut yakni Yayan (47) dan M. Fauzi (19). Untuk Fauzi, sempat dinyatakan hilang saat kejadian. Namun setelah tim SAR gabungan tiba di lokasi dibantu warga sekitar berhasil menyelamatkan Yayan, Fauzi meninggal dunia," katanya.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun dari tim SAR gabungan, peristiwa longsor terjadi pada Minggu, 23 Oktober 2022, pukul 00.30 WIB.

Peristiwa longsor diawali dengan turunnya hujan gerimis.

Diduga tebing tanah setinggi setinggi sekira tujuh meter yang berada di belakang rumah korban kondisinya semakin labil, hingga akhirnya longsor karena hampir setiap hari diguyur hujan deras.

Awalnya, warga sekitar tidak mengetahui adanya longsor. Namun, setelah mendengar teriakan berulang kali dari Yayan, warga kemudian terbangun dan melihat rumah korban kondisinya sudah tertimbun longsor.

Warga langsung memberikan bantuan dengan alat seadanya dan menghubungi Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kadudampit.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan