Jokowi, Sri Mulyani, dan Luhut Bicara Soal Resesi, Yan Harahap: Ini Semacam ‘Fear Mongering’ Bagi Rakyat

  • Bagikan
Deputi Strategi dan Kebijakan Balitbang DPP Demokrat, Yan A Harahap [email protected]

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Kader Partai Demokrat Yan Harahap buka suara soal pidato Presiden Jokowi, Menkeu Sri Mulyani, dan Luhut Binsar Pandjaitan soal resesi.

Menurut Yan Harahap, jika ketiga orang tersebut berbicara hal yang sama, bisa jadi itu semacam, ‘fear mongering’ bagi rakyat.

"Bahwa ekonomi dunia akan gelap gulita atau makin buruk ke depannya," ujar Yan Harahap dikutip dari unggahan twitternya, @YanHarahap (23/10/2022).

Harahap menambahkan, bisa saja hal tersebut dipidatokan ketiganya sebagai bentuk excuse, agar tidak menjadi yang dipersalahkan bila kondisi ekonomi Indonesia benar-benar memburuk.

"Bisa saja!," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo saat acara Pengarahan Presiden kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda di JCC, Jakarta, dikutip Jumat (30/9/2022) membagikan ancaman kondisi ekonomi global yang 'gelap gulita'.

Pada kesempatan yang berbeda, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menko Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan juga memberikan ancaman yang sama. Ekonomi global.

Ketiganya mengungkapkan situasi dunia yang terancam krisis mengerikan dan mengancam pemulihan ekonomi Indonesia. Tiga serangkai ini meminta masyarakat dan semua pihak menyiapkan diri agar tekanan yang dihadapi bisa diantisipasi lebih dini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa kondisi dunia dalam 'awan gelap' dan badai besar yang akan menghadang pada tahun depan.

"Hati-hati ketidakpastian ini, mengenai ketidakpastian ini, dan tiap hari kita selalu diingatkan dan kalau kita baca baik di media sosial di media cetak, di media online semuanya mengenai resesi global, tahun ini sulit dan tahun depan sekali lagi saya sampaikan akan gelap, dan kita tidak tahu badai besarnya seperti apa sekuat apa tidak bisa dikalkulasi," kata Jokowi pada pidatonya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan