Ma’ruf Amin Dapat Tugas Baru sebagai Ketua Badan Pengarah BPP Otsus Papua

  • Bagikan
Wapres Ma'ruf Amin saat berkunjung ke MBS Sleman. Foto: Humas Pemda DIY

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendapatkan tugas baru. Melalui Perpres 121/2022 tertanggal 21 Oktober 2022 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Ma’ruf Amin sebagai Ketua Badan Pengarah Badan Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BPP).

Anggota dari BPP itu adalah Menteri Dalam Negeri, Kepala Bappenas, Menteri Keuangan, serta satu wakil masyarakat dari setiap provinsi di Papua. Pada tahap awal, Ma’ruf akan memperkuat landasan dalam penataan pembangunan Papua. Dia menuturkan ada sejumlah langkah untuk mempercepat pembangunan menuju kesejahteraan di Papua.

’’Menghilangkan berbagai hambatan dalam rangka mensejahterakan (Papua),’’ katanya di sela kunjungan kerja di Jogjakarta kemarin (24/10). Kemudian menekan angka kemiskinan serta membangun layanan infrastruktur yang benar-benar dibutuhkan masyarakat Papua.

Selain itu Ma’ruf mengatakan percepatan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat Papua. Seperti layanan pendidikan dan lainnya. ’’Tentu juga (penanganan) keamanan yang menjadi masalah. Kita sedang mencoba supaya tidak terjadi gangguan-gangguan keamanan,’’ tutur Ma’ruf.

Kemudian Ma’ruf menyampaikan saat ini juga sedang disiapkan tim eksekutif untuk melaksanakan pengawasan di lapangan. Khususnya mempercepat otonomi daerah di empat provinsi atau daerah otonomi baru (DOB). Pada prinsipnya Ma’ruf mengatakan keberadaan BPP diharapkan bisa memberikan pelayanan lebih cepat ke bawah untuk berbagai program. ’’Semua sudah dirancang insya allah. Kami akan segera datang ke Papua untuk mengkoordinasikan,’’ tuturnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan