Quraish Shihab: Kalau Pemimpin Berbohong, Maka Pengikutnya yang Percaya Pun Terkena Siksa!

  • Bagikan
Muhammad Quraish Shihab

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ulama kondang Muhammad Quraish Shihab sebut pengikut yang percaya pada pemimpin berbohong tutut terkena siksa.

“Kalau pemimpin berbohong, maka pengikutnya yang percaya pun terkena siksa!” tegas Quraish Shihab, dikutip Fajar dari video yang diunggah @caul_tanjung, Senin (24/10/2022).

“Karena dia percaya kebohongannya sehingga dia mengikuti,” sambungnya.

Video yang tersebar di sosial media itu, menampakkan Quraish Shihab dalam sebuah acara di stasiun TV swasta. Ia menjelaskan soal pengikut yang membiarkan seorang dirinya dipimpin oleh pembohong.

“Jangan duga Anda kalau mengikuti seorang pemimpin, Anda tahu dia berbohong. Anda mengira bebas dari tanggung jawab,” paparnya.

Mantan Menteri Agama era Soeharto ini bilang, membiarkan pemimpin yang diketahui salah, sama saja mepegitimasi pemimpin itu untuk berbuat salah.

“Karena mengukuhkan seorang pemimpin yang anda anggap salah memberikan dia kekuatan untuk tetap memimpin. Dan kekuatan itu bersumber dari Anda yang mendukungnya,” ujarnya.

Mantan rektor dua perguruan tinggi besar di Makssar, UIN Aalauddin Makassar dan Universitas Muslim Indonesia ini juga menuturkan, jika hal demikian dilakukan pengikut sama saja memberi kekuatan untuk kebohongan pemimpin dimaksud.

“Dan kekuatan itu bersumber dari Anda yang mendukungnya. Sehingga kebohongannya, kedurhakaannya itu Anda ikut mengukuhkan kedurhakaan dan kebohongannya,” imbuhnya.

(Arya/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan