Cemaran EG-DEG Racuni Ginjal Anak, Polisi Selidiki Unsur Kelalaian

  • Bagikan
Ilustrasi penyebab Gagal Ginjal Akut pada anak

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Pencetus gagal ginjal akut pada anak teridentifikasi. Cemaran etilena glikol (EG) atau dietilena glikol (DEG) penyebabnya.

Penelitian dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyusul adanya surat dari badan kesehatan dunia (WHO) pada 5 Oktober terkait peringatan kasus di Gambia, Afrika. Dari surat itu, ada sedikit titik terang.

WHO menyebut ada dugaan anak-anak di Gambia meninggal karena gagal ginjal akut pascaminum obat yang mengandung etilena glikol (EG) atau dietilena glikol (DEG). Nama lain dari penyakit ini adalah acute kidney injury (AKI) atau Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgGAPA) pada anak.

“Sesudah (membaca surat) itu, kami komunikasi dengan WHO dan Pemerintah Gambia,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin, 24 Oktober.

Dalam kesempatan itu, Kemenkes membeberkan bahwa telah melakukan berbagai upaya untuk mengetahui penyebab penyakit ini.Jumlah kasus mulai naik signifikan sejak Agustus. Meski sudah mulai ada laporan sejak Januari.

Sejak ada lonjakan kasus, Kemenkes sudah melakukan reviu dengan cara patologi atau mengetahui bagaimana penyakit tersebut terjadi. "Jadi kami lakukan (penelitian) laboratoium patologi" tuturnya.

Hal ini dikarenakan ada kecurigaan AKI disebabkan virus, bakteri, atau parasit. Tes patologi berlangsung sampai September. Tes ini dilakukan pada pasien yang teridentifikasi memiliki gejala serupa. Leptospira dan Covid-19 mulanya diduga menjadi biang. Namun, hasilnya kecil sekali disebabkan virus atau bakteri.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan