Komitmen Dukung Kemerdekaan Palestina, Pengamat Sebut Jokowi Jalankan Amanah Konstitusi

  • Bagikan
Presiden Jokowi saat Berikan arahan kepada Polri-sekretariat presiden-tangakapan layar youtube

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Bagus Hendraning mengatakan, dukungan Pemerintah dan masyarakat Indonesia atas kemerdekaan Palestina telah berlangsung sejak lama, karena dukungan tersebut telah diamanahkan dalam konstitusi negara.

“Pertama yang harus kita pahami adalah bahwa dukungan Indonesia ini kepada Palestina adalah dukungan yang didasarkan atas amanat konstitusi dan juga berdasarkan kedekatan HAM dan dikondisisasi yang menyatakan hak segala bangsa,” kata Bagud Hendraning saat dihubungi, Selasa (25/10).

Menurut Bagus, komitmen Jokowi mendukung kemerdekaan Palestina ini sebagai ketegasan bahwa bangsa Indonesia tidak pernah berpaling dari komitmen dalam mendukung kemerdekaan Palestina di saat perkembangan dunia sedang bergerak dan dinamis.

“Komitmen penegasan Pak Jokowi ini menunjukkan bahwa Indonesia tidak pernah bergeser sedikitpun posisinya dalam memberikan dukungan kepada Palestina di tengah berbagai macam perkembangan dunia yang saat ini sedang bergerak dan dinamis serta juga berbagai perkembangan di kawasan timur tengah,” ujarnya.

Sejauh ini perjuangan Pemerintah terhadap kemerdekaan Palestina tidak bisa dipandang sebelah mata, karena dukung tersebut tidak hanya sebatas verbal tetapi juga langkah nyata dengan memberikan bantuan. Selain itu, dukung atas kemerdekaan Palestina tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dilakukan oleh negara/negara lain.

“Kalau kita katakan itu dukungan tidak berhasil atau tidak mendapatkan apa-apa Saya kira juga tidak bisa diserahkan kepada Indonesia saja karena itu kan terkait dengan hubungan dengan sekitarnya yang jelas Indonesia itu sangat mengharapkan Palestina itu merdeka,” ucapnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan