SSCASN Bakal Dibuka 31 Oktober, BKN: Mudah-mudahan Semua Berjalan Sesuai Jadwal

  • Bagikan
Deputi Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen. Foto tangkapan layar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan estimasi pembukaan sistem seleksi calon aparatur sipil negara (SSCASN). Rencananya, SSCASN pendaftaran PPPK 2022 akan dibuka pada akhir Oktober.

"Besok sosialisasi pengadaan PPPK 2022, tetapi SSCASN belum bisa dibuka tanggal 27 atau 28 Oktober,'" ujar Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Suharmen kepada JPNN.com, Rabu (26/10).

Mengapa belum bisa dibuka pada 27-28 Oktober?

Menurut dia, karena masih ada dua tahapan lagi. Pertama, formasi daerah sedang dilakukan verifikasi validasi (verval) untuk dipastikan tidak ada yang mismatch antara Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KepmenPAN-RB) dengan yang masuk ke sistem (SSCASN).

Kedua, instansi pusat masih melakukan input formasi dan ini diberikan batas waktu sampai tanggal 28 Oktober.

Kemungkinan, ujar Suharmen, paling cepat baru bisa dibuka akhir bulan. Itu pun kalau instansi pusat konsisten memasukkan data formasi ke SSCASN.

"Kalau sudah di-input instansi pusat maka dilakukan verval formasi pusat dan baru bisa dibuka sistemnya. Insyaallah sekitar 31 Oktober SSCASN dibuka," ungkap dia.

Suherman mengatakan Sekretaris KemenPAN-RB Rini Widyantini sudah mengajukan surat ke instansi untuk melakukan input formasi ke SSCASN paling lambat 28 Oktober.

Deputi Suharmen berharap seluruh instansi penyelenggara PPPK 2022 konsisten. Kalau tidak BKN yang babak belur, karena waktunya jadi sangat mepet. Dia menambahkan SSCASN bisa dibuka 31 Oktober bila semua prosesnya berjalan lancar.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan