Pengamat Ramal Tokoh dari Wilayah Utara Sulsel jadi Gubernur 2024, NH, Amran, RMS, AIA, atau Indah?

  • Bagikan
Dosen Ilmu Politik Fisip Unhas (Universitas Hasanuddin) Makassar Sukri Tamma

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Meskipun terbilang masih jauh, hawa Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 telah tercium sejak dini.

Sebelumnya, banyak yang menilai Gubernur terpilih yang akan datang akan lahir dari sektor Utara. Setelah beberapa periode sebelumnya lahir dari selatan.

Dosen Ilmu Politik Fisip Unhas (Universitas Hasanuddin) Makassar Sukri Tamma kepada fajar.co.id menuturkan, di sektor Utara setidaknya ada 3 nama yang memiliki peluang lebih ungggul dari beberapa tokoh yang ada.

Dari 3 tokoh yang dimaksud Sukri, mereka adalah Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Anggota DPR RI Rusdi Masse Mappasessu (RMS), dan Andi Iwan Aras.

"Sejauh ini yang disebut-sebut itu, ada Indah Putri Indriani, mungkin kalau dari Utara dengan batasan itu lebih banyak disebut selama ini ibu Indah. Apalagi beliau Ketua Golkar Luwu Utara dan dianggap salah satu tokoh perempuan yang cukup berhasil," ujar Sukri (28/10/2022).

Sementara untuk RMS, menurut Sukri cukup berpeluang besar. Mengingat, RMS memiliki basis di daerah Sidrap dan sekitarnya.

"RMS, iya. Ada peluang untuk itu, untuk maju. Karena ada NasDem kan. Dia pegang NasDem, kemudian dia punya basis minimal daerah Sidrap dan sekitarnya. Istrinya saat ini adalah Wakil Walikota Makassar," lanjutnya.

Sukri menambahkan, hal itu kalau memang NasDem ingin memajukan. Tapi juga bergantung pada hasil Pemilu nantinya. Misalnya usungan NasDem menang, itu bisa menjadi sebuah triger untuk perubahan konstalasi.

Sementara Andi Irwan Aras, kata Sukri. Juga memiliki peluang terbuka. Karena namanya sudah cukup terkenal sebagai tokoh Sulsel selama ini.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan