Kereta Api Pertama di Indonesia Timur Dioperasikan, Gubernur Andi Sudirman: Gratis hingga Akhir Tahun

  • Bagikan
Pengoperasian terbatas proyek kereta api Makassar-Parepara sepanjang 50 kilometer, Rute Garongkong Barru - Manggilu Pangkep, Sabtu 29 Oktober 2022. (Arya/fajar)

FAJAR.CO.ID, PANGKEP — Kereta Api (KA) Makassar Parepare Rute Garongkong Barru - Manggilu Pangkep reski dioperasikan terbatas hari ini.

Uji coba sepanjang 60 km itu akan dilakukan sekali sehari, dengan operasional terbatas. Sebanyak 100 kursi disediakan dengan menggunakan kereta inspeksi (kais) yang dimodifikasi.

“Kita dapat mengoperasikan secara terbatas dan gratis untuk warga sampai akhir tahun,” ungkap Gubernur Andi Sudirman Sulaiman kepada wartawan, Sabtu (29/10/2022).

Andi Suriman pun berharap agar semua warga bisa memanfaatkan KA pertama di Indonesia Timur ini.

“Jadi kita tentu berharap untuk semua warga bisa memanfaatkan kereta fasilitas ini,” ujarnya.

“Kalau anda orang Sulawesi atau bukan orang Sulawesi jangan sampai tidak coba kereta Sulawesi Selatan kita. Kita punya kereta api di sini,” sambungnya.

Selain itu Andi Suriman mengatakan,rute KA Barru-Pangkep melewati beberapa lokasi wisata. Mengingat selain untuk penumpang, ia bilang juga KA ini bertujuan untuk wisata.

“Banyak wisata yang dilewati, sepanjang jalan pangkep Maros Barru, tentu kita akan bekerja sama dengan pemerintah daerah kabupaten kota, akan menyiapkan juga fasilitas yang akan menjadi daya tarik sendiri,“ bebernya.

Adapun wisata yang dimaksud bisa diakses yakni Wisata Alam Anjungan Simpang Binangae dan Wisata Alam Pantai Ujung Batu.(Arya/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan