Optimalkan Komponen Dalam Negeri, Pupuk Indonesia Raih Anugerah Cinta Indonesia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) meraih penghargaan Anugerah Cinta Indonesia (ACI) 2022 kategori Sektor Pertanian dan Perkebunan. Apresiasi diberikan berkat komitmen perusahaan dalam mengoptimalkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pupuk Indonesia grup.

Direktur Produksi Pupuk Indonesia, Bob Indiarto, menyebutkan bahwa komitmen ini merupakan bentuk dukungan Pupuk Indonesia melaksanakan kebijakan pemerintah terkait penggunaan produk dalam negeri. Dimana berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM), pemerintah menargetkan nilai TKDN pada tahun 2024 sebesar 50 persen.

“Tujuannya agar produk dalam negeri dapat meningkatkan daya saingnya, sekaligus mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia,” jelas Bob usai menerima penghargaan ACI 2022 yang diserahkan langsung oleh Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury, di Jakarta, Kamis malam (27/10/2022).

Salah satu anggota holding Pupuk Indonesia, yaitu PT Rekayasa Industri (Rekind), juga berhasil meraih penghargaan yang sama pada kategori Jasa Infrastruktur. Apresiasi ini diberikan berkat optimalisasi pemanfaatan komponen buatan dalam negeri dalam setiap proyek EPC (Engineering, Procurement, Construction) yang dilakukan oleh Rekind.

Sebagai perusahaan holding, lanjut Bob, Pupuk Indonesia memang telah menginstruksikan kepada seluruh anak usahanya untuk senantiasa mengoptimalkan pemanfaatan komponen dalam negeri. Tidak hanya anggota holding, bahkan mitra, rekanan, dan vendor juga diwajibkan untuk menggunakan komponen dalam negeri dalam setiap penawaran barang dan jasa kepada perusahaan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan