Platform Jagat Nusantara ala Jokowi Diapresiasi, Pengamat: Sangat Mendukung Perkembangan Zaman

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Pengamat Ekonomi Digital dari Universitas Negeri Makassar (UNM) Andika Isma menyambut baik langkah Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan platform Jagat Nusantara, sebab dapat memacu kreativitas dan inovasi anak bangsa.

Platform jagat nusantara ini mendukung semangat perkembangan zaman, dimana ini menjadi platform dunia virtual pertama di Indonesia yang terhubung dengan kota nyata, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Sebenarnya, kalau kita lihat Jagat Nusantara ini atau platform nusantara ini, sebenarnya sangat mendukung perkembangan zaman saat ini,” kata Andika Isma saat dihubungi fajar.co.id, Sabtu (29/10/2022).

Menurut Andika Isma, platform Jagat Nusantara ini menghubungkan para pengguna dengan dunia virrtual, dimana bisa dijadikan sebagai interaksi antar sesama, melakukan inovasi dan kreativitas berbasis digital.

“Platform digital ini yang kemudian berfokus pada interaksi sosial di dunia virtual. Jadi, sederhananya, orang-orang kemudian bisa menggunakan jagat nusantara ini sebagai aplikasi untuk mengadakan rapat, pertemuan,” ujarnya.

Dikatakan Andika Isma, platform media sosial seperti Jagat Nusantara ini sudah banyak, namun pasti ada perbedaan dengan media sosial lainnya, karena Jagat Nusantara ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki media sosial lainnya.

“Kalau itu kan sudah ada sebenarnya. Tapi ini lebih kerennya lagi karena bisa dipakai nobar film, konser virtual, pertunjukan lain-lain sebagainya,” ucapnya.

“Artinya kata Jokowi, ini bisa digunakan oleh seniman atau orang-orang yang kemudian membutuhkan yang namanya pertunjukan. Melihat platform ini, sebenarnya itu merupakan peluang yang sangat besar,” tambahnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan