Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Gus Mahasin Gerilya kepada Kiai dan Santri

  • Bagikan
Mantan gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan di Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (28/10/2022). (ANTARA/Aris Wasita)

FAJAR.CO.ID, MAGETAN - Kakak kandung KH Ahmad Bahaudin Nursalim atau Gus Baha, KH Nasirul Mahasin (Gus Mahasin) mulai bergerilya demi mendukung Anies Baswedan menjadi calon presiden atau Capres 2024.

Gus Mahasin pun terang-terangan mengajak para kiai dan santri di Kabupaten Magetan, Jawa Timur mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

"Kiai, santri harus kompak. Pilihan kita, ya, Pak Anies (Anies Baswedan)," ujar Gus Mahasin dalam acara Halaqah Kebangsaan di Ponpes Ath-Thohirin, Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo, Magetan, Jawa Timur, Minggu (30/10).

Gus Mahasin merupakan pengasuh Ponpes Tahfidzul Quran, Narukan, Rembang Jawa Tengah.

Selain ulama, kakak dari Gus Baha itu tercatat pernah menjabat wakil bupati Rembang periode 2000-2005.

Dalam rangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2022 itu, Gus Mahasin menjelaskan alasannya mendukung eks gubernur DKI Jakarta itu jadi capres.

Antara lain, Anies dikenal sosok islami, amanah, dan memiliki visi masa depan.

Dia pun menjelaskan ajakannya itu bukanlah kampanye. Sebab, koalisi partai politik pengusung Anies Baswedan hingga saat ini belum final. Selain itu, bisa saja kalangan lain memiliki dukungan calon lainnya.

Gus Mahasin mengibaratkan ajakannya itu baru tarhim, yakni selawat yang dikumandangkan umat Islam sebelum azan. Dari tarhim, fase berikutnya adalah azan.

Adapun fase azan ditandai jika Anies Baswedan telah resmi mendaftar sebagai capres pada Pemilu 2024 di KPU RI.

Pada saat itu, lanjut Gus Mahasin, saatnya semua elemen santri, kiai, dan ulama untuk merapatkan barisan. (ant/jpnn/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan