Teman Bus Tak Lagi Gratis Mulai 31 Oktober, Ini Daftar Harga Tiket di 10 Kota

  • Bagikan
Pembayaran Teman Bus menggunakan QRIS. (Dok. Kemenhub)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Dara,t menginformasikan bahwa program Buy The Service atau dikenal dengan Teman Bus tak lagi gratis. Pengguna Teman Bus akan dikenakan tarif yang berlaku per 31 Oktober 2022, besok.

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Suharto menuturkan, lima dari 10 kota yang telah menghadirkan layanan Teman Bus akan memberlakukan pembayaran nontunai menggunakan kartu elektronik dan metode scan QRIS. Kelima kota tersebut antara lain Palembang, Solo, Denpasar, Jogjakarta, dan Medan.

Menurutnya, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mendukung terciptanya cashless society. Sedangkan lima kota lainnya, yaitu Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, dan Banyumas untuk sementara waktu hanya menerima pembayaran dengan metode scan QRIS.

“Pada masa awal pemberlakuan tarif ini, kami mendorong cara pembayaran dengan metode QRIS untuk mendukung gerakan nontunai (cashless society) oleh pemerintah pusat,” jelas Suharto melalui keterangan tertulis, Minggu (30/10).

Cara pembayaran Teman Bus pun masih sama seperti ketika masih gratis. Penumpang cukup tempelkan kartu nontunai (seperti E-money Mandiri, Brizzi BRI, Tap Cash BNI, dan Flazz BCA) di perangkat Tap on Bus atau ToB yang ada di dalam armada Teman Bus.

Sedangkan metode pembayaran dengan QRIS dapat dilakukan dengan cara memindai QR Code yang telah disediakan melalui aplikasi e-wallet seperti Gopay, Ovo, Dana, LinkAja, ShopeePay, dan sebagainya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan