Anies-Aher Kian Mesra, Bertemu di Kantor DPP PKS Bahas Soal Pendidikan

  • Bagikan
Anies Baswedan dan Ahmad Heryawan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Bakal calon presiden Partai Nasdem Anies Rasyid Baswedan menggelar pertemuan dengan mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan alias Aher di kantor DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jalan TB Simatupang, Jakarta, Minggu (30/10/2022).

Pertemuannya dengan Aher diketahui bagian dari kegiatan pelatihan relawan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), yang diinisiasi oleh Bidang Kesejahteraan Sosial DPP PKS.

Dalam sambutannya, Aher mengatakan negara hadir untuk mewujudkan keamanan dan kesejahteraan sesuai dengan amanat Pembukaan UUD 1945.

"Keamanan merupakan hasil dari tidak adanya rasa takut, sementara kesejahteraan diindkasikan dari tidak adanya rasa lapar," ujar Aher.

Menurut Aher, jalan negara menuju kesejahteraan masih cukup jauh karena adanya persoalan yang belum terselesaikan. Baik dari hasil pembangunan saat ini yang berdampak pada masalah sosial, maupun dari masalah eksternal.

“Ada 17 persen dari 88 juta kepala keluarga yang masih masuk kelompok pra sejahtera. Mengapa ini terjadi, karena salah satunya adalah rendahnya pendidikan. Dari 17 persen tersebut, 50 persen di antaranya lulusan sekolah dasar. Inillah persoalannya,” ungkap Aher.

Pria yang pernah menjabarkan Gubernur 2 periode di Jabar itu beranggapan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia harus melalui pendidikan dan kesehatan. Mengutip dari UNESCO, pendidikan yang baik minimal SLTA dan S1. Jika pendidkan sudah merata dan bisa mencapai indeks 0,94, maka bisa mendekati angka kesejahteraan.

“Apalagi jika ditopang dengan kesehatan dasar yang prima. Di Jawa Barat, posyandu berperan dalam membangun kesehatan dasar. Kita lakukan baik lewat pemerintah melalui APBD mapun melalui relawan-relawan kita di lapangan. Kita menjadi masyarakat sipil yang menjadi mitra negara dalam membangun Indonesia yang lebih baik," tambahnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan