Bolehkah Modifikasi Pelat Kendaraan? Simak Aturannya Agar Tidak Ditilang

  • Bagikan
Ilustrasi pelat kendaraan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Pelat kendaraan menjadi salah satu pembicaraan yang hangat menyusul tanggapan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terhadap isu dan masukan dari masyarakat terhadap perilaku pengendara berpelat RF.

Pembenahan penggunaan pelat nomor kombinasi huruf RF tersebut diungkapkan pada program Blak-blakan pada kemarin hari Senin, 31 Oktober 2022 lalu dimana langkah tersebut merupakan cara untuk memperbaiki citra kepolisian.

Secara umum, kita perlu mengetahui bahwa penggunaan pelat kendaraan telah diatur sedemikian rupa sebagai identifikasi kendaraan bermotor. Aturan mengenai pelat kendaraan diatur dalam Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dimana kita harus mematuhi tata cara yang berlaku mulai dari cara pemasangan hingga pembuatan.

Modifikasi pelat nomor mobil memiliki aturan tersendiri, secara resmi ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan jika ingin pelat nomor kendaraan sesuai dengan keinginan kamu.

Untuk menghindari pelanggaran yang mengakibatkan kendaraan kamu bisa ditilang, Lifepal.co.id sebagai insurance marketplace terdepan di tanah air, membagikan informasi mengenai modifikasi yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan untuk pelat nomor mobil.

Modifikasi pelat nomor mobil yang diperbolehkan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, melakukan modifikasi mobil dengan mengganti warna, huruf, hingga bentuk model pelat nomor mobil tidak diperbolehkan. Namun, ada beberapa modifikasi pelat nomor mobil yang bisa kamu lakukan dan masih diperbolehkan. Modifikasi ini tidak akan mengubah model atau bentuk huruf pada pelat nomor mobil, hanya saja mempercantik tampilan pelat nomor mobil kamu. Berikut di antaranya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan