Pemerintah Tegaskan Tak Akan Intervensi Pada Kongres PSSI Nanti

  • Bagikan
Menpora Zainuddin Amali

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kongres luar biasa (KLB) PSSI direncanakan berlangsung pada 18 Maret 2023. Pemerintah memastikan tidak akan melakukan intervensi dalam kongres yang akan memilih ketua umum PSSI tersebut.

“KLB yang sudah diputuskan oleh PSSI menjadi ranah PSSI. Silakan dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah mereka putuskan,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali setelah bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara kemarin (1/11).

Sebelumnya, kata dia, akan dilakukan koordinasi PSSI dan pemerintah dalam pelaksanaan KLB. Menurut Zainudin, rencana itu tidak jadi dilakukan. ’’Silakan PSSI melakukan sesuai ketentuan yang ada. Kan ada statuta FIFA,’’ terangnya.

Menpora menjelaskan, keengganan pemerintah untuk ikut campur terhadap KLB PSSI memiliki alasan. Pemerintah ingin menjaga kemandirian federasi sepak bola tanah air. Dengan demikian, apa pun hasilnya akan diserahkan ke PSSI.

Zainudin mengakui, dalam pertemuan kemarin, presiden tidak bertanya secara khusus terkait KLB. Namun, dia melaporkan beberapa hal yang menjadi tanggung jawabnya.

Terkait tragedi Kanjuruhan, dia menilai rekomendasi tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF) sudah dilaksanakan. Salah satunya soal perbaikan lapangan yang tengah dikerjakan Kementerian PUPR. ’’FIFA juga sedang ada di sini dengan tim task force,’’ tutur Zainudin.

Di sisi lain, Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD juga menyebut seluruh rekomendasi TGIPF Tragedi Kanjuruhan telah dilaksanakan. ’’Semua sudah jalan. Perubahan peraturan, transformasi, semuanya sudah. Dan, yang penting, pidananya jalan,’’ katanya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan